Selasa, 26 Juli 2011

Siapa yang tidak mengenal Leonardo da Vinci? Pada abad 16 ia membuat sebuah lukisan yang melegenda hingga saat ini, bahkan menjadi bahan diskusi dan perdebatan panjang tentang siapakah sesungguhnya model yang ada dalam lukisan yang diberi nama "Monalisa"  yang saat ini terpajang di dinding Museum Louvre, Perancis  .


Lukisan Monalisa sampai saat ini masih merupakan karya seni yang paling banyak dilihat orang sedunia. Jutaan salinan lukisan ini telah dibuat dan beredar di seluruh dunia, sementara lukisan aslinya yang dipajang di Museum Louvre dipelototi oleh ribuan pengunjung setiap hari. Lalu mengapa lukisan ini menjadi sangat terkenal? Berikut sepenggal kisah asal-usul dan beberapa fakta menarik tentang lukisan Monalisa. 


Lain lagi dengan Puring Monalisa Puring hibrida asal Miami, Amerika ini merupakan hasil karya pemulia Rudy Bachmann.  Mempunyai bentuk daun obovate (membesar pada atas daun dengan ujung lancip). Mempunyai warna dasar daun kuning dengan bagian pinggir daun mulai dari pertengahan berwarna hijau. Sempat menjadi buruan para pecinta tanaman puring, sesaat.........

Sama-sama menjadi terkenal, bedanya pada scope atau luasannya., yang satu mendunia dan melegenda selama berabad-abad sedang yang satunya hanya seputar lokalan pulau jawa dan bersifat sementara saja.
Sama-sama diperbanyak oleh oleh pecintanya (dengan alasan apapun) hanya saja lukisan Monalisa masih menyimpan aslinya sedangkan Puring Monalisa sudah tidak diketahui induknya secara pasti? He..he..he.



Namun ada kelebihan pada Puring Monalisa yang tidak akan mungkin dimiliki oleh lukisan Monalisa adalah kehidupan. Sehebat apapun, secantik apapun lukisan tetap hanya sebuah lukisan mati

Tidak ada komentar :

Posting Komentar