Senin, 02 Juli 2012

SILANGAN PURING LOKAL

Pada tulisan terdahulu, saya pernah mengatakan bahwa untuk mendapatkan puring yang menarik kita tidak harus keluarkan modal yang banyak atau membeli puring silangan yang harganya masih cukup tinggi. Gunakan saja puring yang ada disekitar kita untuk kita silangkan agar dapat menghasilkan varian baru yang menarik.

Gunakan Puring Oscar, Raja, Kura, Telur atau Puring Lokalan yang ada. Toh pada awal mulanya para penyilang terdahulu juga hanya menggunakan puring-puring yang ada yang mereka miliki...jadi kenapa harus minder, malu atau gengsi

Memang tidak serta merta begitu kita menyilangkan langsung mendapat hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan. Namun tetap harus menyilangkan agar kita mendapat hasil yang kita inginkan, karena belum tentu induk betina A kita silang dengan Induk Jantan B hasilnya seperti A dan atau B.

Saya pernah menyilangkan Puring Telur dengan Raja, dan dari satu induk yang sama ternyata dihasilkan anakan yang berbeda-beda seperti foto dibawah ini.
Puring Hibrida Telur X Raja, daun memanjang dengan pangkal yang membulat. Warna mengikuti induk jantan yaitu Puring Raja., sedang bentuk daun merupakan perpaduan antara keduanya.












Silangan Puring Telur x Raja
Berbeda dengan saudaranya diatas,  warna dan bentuk daun didominasi oleh gen induk betina, yaitu puring telur













Puring ini masih satu induk dengan yang sebelumnya merupakan hasil silangan  Puring Telur x Raja.
Daun memanjang sebagian terpilin














Tidak ada komentar :

Posting Komentar