Sabtu, 09 Juli 2011

Saresehan PPI

Pada tanggal 8 juli 2011 Persatuan Puring Indonesia dengan didukung sepenuhnya oleh Disperkanhut mengadakan  Saresehan di Balai Disperkanhut Sleman. Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 35 peserta para pemerhati puring. Saresehan di mulai pada pkl 14.00, agak mundur sedikit dari jadual yang telah ditetapkan namun berlangsung cukup baik.

Pada sesi I Pembicara adalah Bp. H. Budi Hartanto, beliau adalah Ketua Persatuan Puring Indonesia yang juga seorang pengusaha. Sedangkan moderator adalah Sdr. Ipeng Ni. Pada sesi ini diulas sedikit banyak tentang organisasi PPI dari sejarah berdirinya hingga keberadaannya sekarang.

Beberapa tanggapan dan pertanyaan dilontarkan dari peserta. Ada yang menanyakan apakah PPI perubahan dari API (Asosiasi Puring Indonesia)? Penulis sendiri mengemukakan harapan-harapan agar PPI kedepan bisa menjadi wadah yang cukup memiliki legalitas untuk dapat mengeluarkan semacam sertifikasi tanaman puring. Demikian juga dengan Sdr Tono dari Mitra Tani berharap PPI tidak seperti organisasi sebelumnya yang sudah lagi tidak aktif atau hanya bersifat sementara.
Pada sesi berikutnya, Bp. Gandung Paryono menyampaikan ulasan tentang kiteria yang baik untuk membudidayakan puring. Ada ciri khas dari setiap negara atau spesifikasi seperti Benua Amerika memiliki spesifikasi puring berdaun lebar, India terkenal memiliki spesifikasi puring berdaun panjang dan Thailan berdaun Bulat. Indonesia seharusnya juga memiliki spesifikasi sendiri. Beliau mengatakan bahwa sesungguhnya tanaman puring adalah tanaman yang berasal asli dari indonesia.


Beberapa kirteria silangan yang baik menurut beliau:
1. Bentuk Daun :

  • Sesimpel mungkin
  • Seaneh mungkin
2. Corak Warna

  • Diharapkan dari para breeder puring untuk tercipta puring yang berwana biru
3. Kerapian Daun

  • Walaupun "ngawur" dalam penyilangannya namun kalau yang dihasilkan adalah varian puring yang bagus maka harus dipertahankan
4. Ketebalan Daun

  • Semakin tebal semakin baik
5. Tangkai daun/Stang daun

  •  Semakin pendek tangkainya akan semakin memberi tampilan yang baik
6. Kesehatan Tanaman

  • Semakin sehat tanaman semakin baik tentunya
Tentang bagaimana memasarkan puring juga diulas oleh pembicara berikut yaitu Bp. Paryadi. Beliau menekan tentang kualitas yang harus dijaga oleh petani puring.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar